Sosialisasi Undang Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan
Postedon  23-04-2015 09:49 23-04-2015 09:49 1669  Dibaca 1669 Dibaca
printer
Sosialisasi Undang Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan

Peraturan Perundang-undangan yang tertata dan terselenggara dengan baik, sangat penting arti dan peranannya dalam upaya peningkatan pemahaman dan pengetahuan mengenai hukum pada khususnya dan pembangunan bidang hukum sebagian dari pembangunan nasional pada umumnya. Oleh karena itu, pada hari Senin  6 April 2015 bertempat di Kantor Bupati Cirebon, tepatnya di Ruang Pertemuan Nyi Mas Gandasari dilaksanakan kegiatan sosialisasi Undang Undang Nomor 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

 

          Dalam kegiatan Sosialisasi Undang Undang Nomor 30 tahun 2014 ini dihadiri undangan sebanyak 90 orang yang terdiri dari Wakil Bupati Cirebon, Pimpinan DPRD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah & Ketua Pengadilan Negeri Sumber, Sekretaris DPRD Kabupaten Cirebo, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, para Asisten Sekda, Staff ahli Bupati Cirebon, Kepala OPD, Kepala Bagian Sekretariat Daerah dan Camat di lingkup Kabupaten Cirebon.

          Adapun para nara sumber yang menjadi pembicara pada acara sosialisasi Undang Undang Nomor 30 2014 tentang Aministrasi Pemerintahan ini adalah Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh SH.,MH. yang saat ini menjabat sebagai Staff Ahli Menteri bidang Politik dan Hukum Kementerian Dalam Negeri RI yang menyajikan materi “Diskresi dalam penyelenggaraan PEMDA” dan Prof. Dr. Asep Warlan SH.,MH. yang merupakan pakar hukum Tata Negara dari Universitas Katholik Parahyangan Bandung dan memaparkan materi yang bertajuk “Tanggung jawab dan perlindungan hukum bagi aparatur sipil negara”.

 

Dalam sambutannya Bupati Cirebon mengatakan bahwa Undang Undang tentang Administrasi Pemerintahan merupakan “buku panduan” yang menjadi standarisasi administrasi dalam tindakan atau aktivitas pemerintahan dai seorang pejabat. Dengan adanya “buku panduan” tersebut, “bahasa pejabat” dalam melaksanakan pemerintahan bisa sama, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam penyampaian dan penggunaan kewenangan atribusi, delegasi, mandat dan bahkan penggunaan kewenangan diskresi. Selain itu, Bupati Cirebon mengngkapkan pula bahwasanya Undang Undang Nomor 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan ini juga merupakan upaya untuk menciptakan kepastian hukum kepada masyarakat dan badan/pejabat pemerintahan, karena keputusan yang dibuat oleh pejabat pemerintahan dipastikan sesuai dengan kaedah hukum dan asas asas umum pemerintahan yang baik. Pada akhir kata sambutannya, Bupati Cirebon mengungkapkan harapan bahwa dengan adanya kegiatan sosialisasi Undang Undang Nomor 30 tahun 2014 ini, seluruh aparatur Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Cirebon bisa menunjukan jati diri dan kompetensi, khususnya yang terkait dengan kewenangan yang dimilikinya.