Sosialisasi dan Diskusi Keterbukaan Informasi Publik
Postedon  07-02-2015 02:28 07-02-2015 02:28 1231  Dibaca 1231 Dibaca
printer

Pada hari Kamis, 26 September 2013, Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon melaksanakan kegiatan sosialisasi dan diskusi keterbukaan informasi publik bagi para pejabat informasi dan dokumentasi di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon. Kegiatan tersebut dilaksanakan di APITA Tower dan diikuti oleh 80 orang peserta yang merupakan Sekretaris OPD, Sekretaris Kecamatan dan beberapa Sekretaris Desa di Kabupaten Cirebon.

Sosialisasi dan diskusi ini menghadirkan nara sumber yang memang kompeten dibidang keterbukaan informasi publik diantaranya Dr.H.Mahi M.Hikmat,M.Si (Komisioner  Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat), Retno Retno Muliayani, S.STP (Biro Humas dan Protokol Umum Setda Provinsi Jawa Barat) dan Dr. Iis Krisnandar, SH, CN. selaku Tim Perumus Perda Kabupaten Cirebon No. 14 Tahun 2011 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Tema sosialisasi dan diskusi ini adalah mengupas Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik termasuk tahapan bagaimana seorang PPID bekerja dalam menyajikan dan memberikan informasi bagi publik.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati, Drs.H.Syamsuri. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah mengatakan bahwa salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan Negara yang terbuka adalah terpenuhinya hak publik untuk memperoleh informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan agar diperoleh pemahaman bersama tentang mekanisme dan tata kelola informasi dan dokumentasi yang akurat, tepat sasaran, efektif dan bisa mengakomodir seluruh kepentingan yang ada. Selain itu melalui kegiatan sosialisasi, para peserta diharapkan dapat memanfaatkannya untuk berdialog dengan para narasumber sehingga tumbuh pemahaman yang utuh yang pada akhirnya timbul kesadaran dan kepatuhan akan peraturan perundang-undangan.